Home » » Pengantar: Arti, Makna, dan Manfaat Demokrasi

Pengantar: Arti, Makna, dan Manfaat Demokrasi

A. Pengantar: Arti, Makna, dan Manfaat Demokrasi

Bebas memilih src=

Demokrasi
    Pada saat ini banyak dibahas tentang pemilihan langsung kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan presiden (Pilpres), dimana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi atau suaranya secara langsung dalam memilih pimpinan daerah yaitu gubernur, bupati/walikota, dan presiden. Pilihan terhadap pimpinan daerah dan negara tersebut dilangsungkan dengan suasana LUBER (langsung, umum, bebas, dan rahasia). Fenomena di mana rakyat memilih langsung pimpinan pemerintahan ini dikenal dengan istilah ‘demokrasi’.

Demokrasi berasal dari kata Yunani demos dan kratos. Demos aritnya rakyat, kratos berarti pemerintahan. Jadi, demokrasi berarti pemerintahan rakyat, yaitu pemerintahan yang rakyatnya memegang peranan yang sangat menentukan.

Di dalam The Advanced Learner’s Dictionary of Current English (Hornby, dan kawan-kawan : 261) dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan democracy adalah: “(1) country with principles of goverment in which all adult citizens share through their ellected representatives: (2) country with goverment which encourages and allow right of citizenship such as freedom of speech, religion, opinion, adn association, the assertion of rule of law, majority rule, accompanied by respect for the rights of minorities. (3) society in which there is treatment of each other by citizens as equals.”

Dari kutipan pengertian tersebut tampak bahwa kata demokrasi merujuk kepada konsep kehidupan negara atau masyarakat dimana warga negara dewasa turut berpartisipasi dalam pemerintahan melalui wakilnya yang dipilih melalui pemilu. Pemerintah di negara demokrasi juga mendorong dan menjamin kemerdekaan berbicara, beragama, berpendapat, berserikat setiap warga negara, menegakan rule of law, adanya pemerintahan mayoritas yang menghormati hak-hak kelompok minoritas, dan masyarakat yang warga negaranya saling memberi peluang yang sama untuk mendapatkan kehidupan yang layak.